Tuesday, November 11, 2008

Nyut Nyut Gigi

Duuuhh.. nyut-nyutan sejak beberapa hari ini. Memang sih ngga terlalu berasa. Cuma kalo lagi dateng tuh, meski rasanya cuma seuprit, tetep aja bikin ndak enak. Nyut nyut nyuuutt.. hhrrrgghh.. Kayanya sih sumbernya dari gigi yang bolong nih. Bolong? YHiya, duh nyakitin emang punya gigi bolong. Padahal dulu jaman kecil mah bisa berbangga hati karena sama sekali ngga ada gigi yang bolong. Lha kok sekarang.. Hiiiyy.. nggilani..

Urusan gigi dan sekitarnya sih udah bukan hal baru deh. Sejak jaman SD, beberapa geraham mesti dicabut karena tempat numbuhnya ndak cukup. Istilah gampangnya, giginya gedhe-gedhe sementara gusi yang tersedia terbatas. Jadi, giginya yang mesti ngalah. Huhuuhuhuu.. Udah apal banget lah gimana rasanay mesti nahan ngga makan ngga minum dalam beberapa jam pasca dicabut gigi. Menyesakkan..

Jaman kuliah beda lagi. Karena ada gigi gingsul yang sebenernya nambah manis *hiiddiiyy.. narsis*, plus beberapa gigi berposisi kurang rapi, diputuskanlah untuk memasang kawat di gigi. Istilah kerennya, bracket. Istilah Londonya, dikrangkeng. Duuuuhh.. ritual sebelum masang bracket itu juga lumayan lama. Mulai harus menambal semua gigi yang bolong, trus rontgen gigi, mbikin cetakan rahang dan gigi, baru deh itu batu-batu kecil ditempel di gigi, dikasi kawat tanpa duri di sepanjang gigi atas dan bawah, trus dikunci di ujung-ujungnya.

Waktu pertama kali make sih, haduuuuu.. sakiiitt banget. Mulut ngga bisa rapet-rapet banget. Makan juga ngga bisa lancar, masih harus nyesuain disana sini. Belum lagi masang kawat giginya pas barengan bulan puasa. Olala.. Udah mbayangin mau melahap macem-maem pas buka puasa, tiba saatnya malah mengkeret karena semua makanan ngga bisa masuk. Susah banget menikmati makanan saat kondisi nyut-nyutan pasca dipasang bracket.

Tiga tahun kulewati dengan memakai bracket. Tiap abis kontrol ke dokter, ah pasti deh itu brasa sakitnya. Yaeyyalah secara kalo pas kontrol itu dicek lagi, mana kawat yang kendor, gigi mana lagi yang harus diperkuat tarikannya. Hiks. Kawat baru yang dipasang pastilah bikin berdenyut-denyut lagi. Karena itu waktu liat di tipi, para artis berlomba-lomba make bracket, brasa heran aja, apa iya ngga sakit. Apalagi kalo ngeliat yang make bracket itu kok gigi-giginya rapi-rapi aja dan kayanya ndak ada masalah. Huhuhuhuuu..

Ah jadi brasa lagi deh nih nyut nyut kecilnya. Diliat-liat lagi, kayanya ada posisi gigi yang berubah lagi deh nih. Ah, jangan-jangan karena dulu rada bandel. Abis dilepas kawat giginya, mestinya make kawat lepasan yang berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah rapi, supaya ngga geser-geser lagi. Cuma ya gitu, berhubung kawatnya lepasan, jadi ya rada males aja gituh kalo make terus. Lha tiga tahun make kawat bergigi, ah gigi berkawat maksutnya, kan ya rasanya udah puoolll to. Huhuhuhu.. gemes deh kalo nginget bandel gini. Pasang bracket lagi? Whhaaaaa....

0 comments: